Abstract

[Bahasa]: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan model Guided Inquiry dengan model Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain matching-only posttest-only control group, yang dilaksanakan di salah satu SMA Negeri di Yogyakarta. Instrument yang digunakan adalah instrument tes yang telah valid dalam bentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan penalaran matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Guided Inquiry dengan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model STAD. Selanjutnya, hasil penilaian rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran guided inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memperoleh model pembelajaran STAD.


Kata kunci: Guided Inquiry; STAD; Penalaran Matematis


[English]: This study aims to determine differences of mathematical reasoning skills between students who obtain mathematics learning using Guided Inquiry model and Student Teams Achievements Division (STAD) model. This research method used is a quasi-experiment with matching only posttest only control group which implemented in one of the Senior High School in Yogyakarta. The instrument used is a valid test instrument namely posttest with descriptive evaluation. The result of this research showed that there is a difference of mathematical reasoning skills between students who obtain mathematics learning using guided inquiry model and students who obtain mathematics learning using STAD model. Furthermore, the average of mathematical reasoning skills between students who obtain mathematics learning using guided inquiry model is higher than students who obtain mathematics learning using STAD model.


Keywords: Guided Inquiry; STAD; Mathematical Reasoning