Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
Published: 2011-05-22

Penggunaan Alat Peraga Keping Pecahan dalam Pembelajaran Deret Geometri Tak Hingga

Universitas Mataram
Alat Peraga Keping Pecahan Deret Geometri Tak Hingga

Galleys

Abstract

Pelajaran matematika merupakan pelajaran yang membutuhkan abstraksi yang cukup tinggi, sehingga dalam pembelajarannya diperlukan alat peraga. Alat peraga ini berfungsi untuk menurunkan tingkat keabstrakan konsep. Dalam pembelajaran materi Deret geometri Tak Hingga, tidak hanya diperlukan keterampilan prosedural, tetapi juga diperlukan pemahaman konsep yang mendalam tentang materi tersebut. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk lebih menguasai konsep deret geometri tak hingga ini adalah dengan penggunaan alat peraga keping pecahan. Alat peraga keping pecahan merupakan suatu alat peraga yang terbuat dari papan atau stereofoam berbentuk kepingan yang dapat dibongkar pasang. Keping-keping pecahan ini disusun sedemikian rupa menempati suatu bingkai satuan. Hasil dari susunan keping pecahan (atau kelompok warna kepingan) menunjukkan jumlah deret geometri tak hingga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depdiknas 2002. Kecakapan Hidup (Life Skill) Melalui Pendekatan Pendidikan Berbasis Luas. SIC. Surabaya.
Fitriana, Nur Maulida. 2011. Alat Peraga Dalam Pembelajaran. Dari http://blog.unnes.ac.id/maulida16/2011/05/01/alat-peraga-dalam-pembelajaran/ . Diunduh Juli 2011.
Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Adiya Bakti.
Kusumah, Y dan Suherman, 1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Depdikbud.
Rubiman. 1999. Pengaruh Penggunaan Laboratorium dalam PBM Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa SMU I Sikur Tahun Pembelajaran 1998/1999. Laporan Hasil Karya Ilmiah (tidak dipublikasikan). Unram: FKIP.
Rusefendi, E.T. 1998. Pengembangan Kurikulum Matematika dan Pelaksanaannya Didepan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional.
Sanjaya, Ade. 2011. Pengertian Alat Peraga. Diambil dari http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/03/pengertian-alat-peraga.html. diunduh tanggal 14 Juni 2011.
Tim Unit Media Alat Peraga Matematika. 2010. Berbagai Alat Peraga Untuk Pembelajaran Limit Deret Geometri di SMA. Diambil dari http://ebook.p4tkmatematika.org/2010/08 . diunduh Maret 2011.

How to Cite

Azmi, S. (2011). Penggunaan Alat Peraga Keping Pecahan dalam Pembelajaran Deret Geometri Tak Hingga. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 4(1), 14–29. Retrieved from https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/89