Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi eksistensi Kampung Limit dalam membangun kultur akademik pada mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Fak. Tarbiyah dan respon siswa dengan keberadaan Kampung Limit. Responden sebanyak 60 orang dari 540 mahasiswa dijadikan sampel untuk dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh menggunakan teknik wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa eksistensi Kampung Limit mampu mengembangkan kultur akademik di kalangan mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika. Keberadaan Kampung Limit juga disambut positif oleh mahasiswa dan menginginkan banyak area serupa dikembangkan di Fakultas Tarbiyah
Downloads
Download data is not yet available.
References
Ali, Muhammad. Pendidikan untuk Pembangunan Nasional.
Ali, Muhammad. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia yang mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: Imtima.
Atmoko, Tjipto. 2005. Budaya akademik dan non akademik
Chairuddin, P. Lubis. 2004. Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Mendukung Disiplin Nasional. Diakses dari http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/664/1/anak-chairuddin24.pdf
Fraley, Lawrence E. & Vargas, Ernest A., 1975. The Journal of Higher Education Vol. 46, No. 1
Gappa Judith, M., Austin Ann, E. 2010. Rethinking Academic Traditions for Twenty-First-Century. American Assotiation of University Professors.
Hasballah, T. (edt.) 2009. Prof. Chairuddin Lubis dalam pandangan ulama dan cendekiawan. Medan: USU Press
Kurniawan Khaerudin, Membangun Kultur Akademik Perguruan Tinggi.
Mastuki, HS. Membangun Tradisi akademik. Orasi Ilmiah dalam rangka Wisuda Sarjana S-1 STAI Syekh Maulana Qori (SMQ) Bangko, Jambi Tanggal 25 Desember 2010
Muhadjir Efendy. 2007. Implementasi Manajemen Perguruan Tinggi: Pengalaman Universitas Muhammadiyah Malang. Makalah dalam Semiloka Nasional “Manajemen Perguruan Tinggi Masa Depan untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa. Balikpapan, 21-23 Agustus 2007
PP No. 30 Tahun 1990 tentang pendidikan Tinggi
Reinharz, Shulamit. 2005. Metode-Metode Feminis Dalam Penelitian Sosial.
Setiawan, W. L. 2010. Kendala mengembangkan institusi perguruan tinggi.
Setiawan, W. L. Kendala Mengembangkan Institusi Perguruan Tinggi Swasta diakses dari http://s3komunikasiunpad.multiply.com/journal/item/14/KENDALA_MENGEMBANGKAN_INSTITUSI_PERGURUAN_TINGGI_SWASTA
Sudarman Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono, 2012. Memahami penelitian kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2009. Metode “Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D”. Bandung: Alfabeta.
Sumarno, 2006. “Membangun Budaya Akademik”. Suara Merdeka edisi Kamis, 13 Juli 2006.
Tilaar, H. A. R. 1998. Beberapa agenda Reformasi Pendidikan nasional dalam perspektif Abad 21. Magelang: Penerbit Tera Indonesia.
Tobroni, 2010. Pengembangan Mutu Akademik PTM : Lesson Learned dari McGill University.
UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Venkatasubranian. 2004. Issues in Higher Education. Hyderabad India: The ICFAI University Press.
Ali, Muhammad. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional: Menuju Bangsa Indonesia yang mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: Imtima.
Atmoko, Tjipto. 2005. Budaya akademik dan non akademik
Chairuddin, P. Lubis. 2004. Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Mendukung Disiplin Nasional. Diakses dari http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/664/1/anak-chairuddin24.pdf
Fraley, Lawrence E. & Vargas, Ernest A., 1975. The Journal of Higher Education Vol. 46, No. 1
Gappa Judith, M., Austin Ann, E. 2010. Rethinking Academic Traditions for Twenty-First-Century. American Assotiation of University Professors.
Hasballah, T. (edt.) 2009. Prof. Chairuddin Lubis dalam pandangan ulama dan cendekiawan. Medan: USU Press
Kurniawan Khaerudin, Membangun Kultur Akademik Perguruan Tinggi.
Mastuki, HS. Membangun Tradisi akademik. Orasi Ilmiah dalam rangka Wisuda Sarjana S-1 STAI Syekh Maulana Qori (SMQ) Bangko, Jambi Tanggal 25 Desember 2010
Muhadjir Efendy. 2007. Implementasi Manajemen Perguruan Tinggi: Pengalaman Universitas Muhammadiyah Malang. Makalah dalam Semiloka Nasional “Manajemen Perguruan Tinggi Masa Depan untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa. Balikpapan, 21-23 Agustus 2007
PP No. 30 Tahun 1990 tentang pendidikan Tinggi
Reinharz, Shulamit. 2005. Metode-Metode Feminis Dalam Penelitian Sosial.
Setiawan, W. L. 2010. Kendala mengembangkan institusi perguruan tinggi.
Setiawan, W. L. Kendala Mengembangkan Institusi Perguruan Tinggi Swasta diakses dari http://s3komunikasiunpad.multiply.com/journal/item/14/KENDALA_MENGEMBANGKAN_INSTITUSI_PERGURUAN_TINGGI_SWASTA
Sudarman Danim. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Sugiyono, 2012. Memahami penelitian kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2009. Metode “Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D”. Bandung: Alfabeta.
Sumarno, 2006. “Membangun Budaya Akademik”. Suara Merdeka edisi Kamis, 13 Juli 2006.
Tilaar, H. A. R. 1998. Beberapa agenda Reformasi Pendidikan nasional dalam perspektif Abad 21. Magelang: Penerbit Tera Indonesia.
Tobroni, 2010. Pengembangan Mutu Akademik PTM : Lesson Learned dari McGill University.
UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Venkatasubranian. 2004. Issues in Higher Education. Hyderabad India: The ICFAI University Press.