Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
Published: 2014-11-22

Efektivitas Strategi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik

IAIN Mataram
IAIN Mataram
IAIN Mataram
Problem Based Learning Berpikir Kreatif

Galleys

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas strategi Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas VII MTs N 3 Mataram Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Negeri 3 Mataram dengan jumlah siswa  sebanyak 136 orang dan sampelnya dengan jumlah siswa 67 orang adalah kelas VII A  sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol.  Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling.  Beradasrkan hasil analisis pos-tes diperoleh nilai rata-rata eksprimen sebesar 73,24 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 62,33 dan data homogen serta terdistribusi normal uji yang digunakan untuk hasil analisis hipotesis pos-tes adalah polled varian. Hasil analisis dengan uji-t diperoleh thitung= 3,97 pada dk= n1+n2-2, 34+33-2= 65 dan ttabel= 5%(t0,05,65)=1,67 sedangkan pada taraf signifikan 1% didapatkan ttabel=2,39 atau (t0,01,65)=2,39. Jadi pada dk=  65, ttabel 5% < thitung =1,67 <  3,97 kemudian ttabel 1% = 1,67< 3,97. Berarti dalam hal ini pada taraf signifikan 5% atupun 1% dapat diterima. kesimpulannya H0 ditolak baik dengan taraf kepercayaan 5% ataupun 1%. Berarti Ha diterima dengan kata lain strategi problem based learning efektif terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas VII MTs N 3 Mataram tahun Pembelajaran 2013/2014.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Evans, James. R. 1991. Berpikir Kreatif, dalam Pengambilan Keputusan dan Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.
Herdian. 2010. Berfikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Matematika. (online). http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-berfikir-kreatif-siswa/ (diakses pada tanggal 26 Mei 2011)
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Cipayung: Gaung Persada (GP) Press.
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Munandar. (Online). http://repository.upi.edu/operator/upload/s_d0151_0602118_ chapter2.pdf (diakses pada tanggal 26 Mei 2011)
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Rusman. 2010. Seri Manajemen Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Subana Dan Sudrajat. Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia, 2001.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

How to Cite

Azmi, B. M., Irzani, I., & Khusnial, N. L. (2014). Efektivitas Strategi Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 7(2), 108–119. Retrieved from https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article/view/53