Abstract

English for Specific Purposes (ESP) secara umum dimaknai sebagaisebuah pendekatan pembelajaran bahasa Inggris yang  berbasis pada tujuan/kebutuhan si pembelajar. Dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia baik pada sekolah menengah maupun perguruan tinggi,  terutama bagi peserta didik di luar jurusan bahasa Inggris, pendekatan  ESP  merupakan pilihan populer. Aplikasi pendekatan ini senada pula dengan kebijakan pemerintah bidang pendidikan yang menitikberatkan tujuan pembelajaran bahasa Inggris yakni untuk meningkatkan kemampuan peserta didik menggunakan bahasa Inggris khususnya bagi kebutuhan akademis dan karir professional dengan penekanan pada kemampuan membaca yang memungkinkan peserta didik memahami topik-topik materi autentik sesuai jurusan mereka secara efektif. Artikel ini mengedepankan kajian teoritis menyangkut konsep dasar ESP meliputi definisi dan perannya sebagai sebuah pendekatan pembelajaran,  berikut isu terkait diantaranya analisis kebutuhan sebagai ciri utama ESP, silabus, tujuan pembelajaran, materi, metodologi, dan evaluasi pembelajaran bahasa Inggris berbasis ESP.