Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) terhadap peningkatan kemampuan investigasi matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Soromandi Tahun Ajaran 2013/2014. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian eksperimen yang tergolong pre-experimental designs dengan jenis desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Soromandi dengan sampel penelitian siswa kelas VIII B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas yang menggunakan metode GI (Group Investigation). Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa. Teknik analisis datanya menggunakan uji t sample related yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas chi kuadrat dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh sebesar -28,2107 dan pada taraf signifikan 1% diperoleh dengan menggunakan teknik interpolasi sebesar 2,67, sehingga . Ini menunjukan bahwa pada taraf kepercayaan 99% model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) efektif dalam meningkatkan kemampuan investigasi matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Soromandi Tahun Ajaran 2013/2014. Peningkatan kemampuan investigasi matematika dapat dilihat dari kenaikan rata-rata nilai pretest sebesar 31,677 ke posttest sebesar 63,5 yang signifikan. Selain itu, peningkatan kemampuan investigasi matematika siswa tergambar dari cara siswa menyelesaikan persoalan matematika dengan langkah yang berbeda-beda berdasarkan kemampuan investigasi matematika yang mereka miliki.
Downloads
References
Anonim. “Rubric penilaian otentik standar penilaian (kemampuan matematika)”. Http://Ipotes.wordpress.com/contohrubrik, diambil tanggal 01 Maret 2014, pukul 13.30 WITA.
Daryanto. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya, 2010.
Djemari Mardapi. Teknik Penyusunan Instrument Tes dan Nontes.Yogyakarta: Mitra Cendikia, 2008.
Fadjar Shadiq. “investigasi dalam proses pembelajaran matematika”. Http://Ipotes.wordpress.com/artikel, diambil tanggal 07 Desember 2013, pukul 11.30 WITA.
Hamruni. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani, 2012.
Hisyam Zaini dkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani, 2008.
Ibrahim dkk. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press, 2000.
Irzani Alkusaeri. Pengembangan Program Pembelajaran Matematika. Mataram: Yazidopress, 2013.
Irzani. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Media Grapindo, 2009.
Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Media Grafindo Press, 2009.
Isjoni. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta, 2011.
Miftahul Huda. Model-model Pembelajaran dan Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2013.
Muhammad Nasib Ar-Rifa’i. Kemudahan dari Allah: Ringkasan Ibnu Katsir. ter. Syihabuddin. Jakarta: Gema Insani, 1999.
Riduwan. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta, 2010.
Sabana dan Sudrajat. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung : Pustaka Setia, 2009.
Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Subana dkk. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2000.
Sudjana. Metode Statistika. Bandung: Tarsito, 2005.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2012.
Suharsimi Arikunto. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Warsono & Hariyanto. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Wina Sanjaya. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.
Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana, 2011.
Yasa Putu Doantara. “Pembelajaran Kooperatif tife GI”. Http://Ipotes.wordpress.com/2008/24/28/ Pembelajaran Kooperatif tife GI… diambil tanggal 07 Desember 2013.