Abstract
[Bahasa]: Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh positif dan signifikan antara readiness, self-confidence, serta readiness dan self-confidence secara bersama-sama terhadap penguasaan mahasiswa pada mata kuliah Geometri Transformasi. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah Geometri Transformasi. Sampel diambil 25% dari populasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur readiness dan self-confidence dan dokumentasi untuk memperoleh data penguasaan mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis regresi dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara readiness, self-confidence, serta readiness dan self-confidence secara bersama-sama terhadap penguasaan mahasiswa pada mata kuliah Geometri Transformasi.
[English]: This quantitative research aims to determine whether there is a positive and significant influence between; 1) readiness to learn and students’ mastery 2) self-confidence and student’s mastery, and 3) readiness to learn and self-confidence collectively together with students' mastery in Transformation Geometry course. The population of this research is students of Mathematics Education Program who took Transformation Geometry course. The Sample is taken 25% of the population. The data collection uses questionnaires to measure the readiness to learn and self-confidence, and documentation methods to acquire data students' mastery of Transformation Geometry course. Data analysis employs regression analysis and correlation analysis. The results show that there is a positive and significant influence between; 1) student’s readiness to learn with students' mastery, 2) self-confidence with student’s mastery, and 3) readiness to learn and self-confidence collectively together with student’s mastery of Transformation Geometry course.
Downloads
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.
Djamarah, S.B. (2002). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.
Fatchurrochman, R. (2011). Pengaruh motivasi berprestasi terhadap kesiapan belajar, pelaksanaan prakerin dan pencapaian kompetensi mata pelajaran produktif teknik kendaraan ringan kelas XI. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, VII(2). np. Diakses di http://jurnal. upi.edu/invotec/view/657/pengaruh-motivasi-berprestasi-terhadap -kesiapan-belajar,-pelaksanaan-prakerindan-pencapaian-kompetensi-mata-pelajaran-produktif.html
Fatimah, E. (2006). Psikologi perkembangan (perkembangan peserta didik). Bandung, Indonesia: Pustaka Setia.
Lauster, P. (1990). Personality test Alih Bahasa D. H. Gulo. Jakarta: Bumi Aksara.
Ghufron, N & Rini, R. S. (2011). Teori-teori psikologi. Jogjakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.
Saifullah, M.A. (2013). Pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan limit pada peserta didik kelas XI semester 2 di Madrasah Aliyah Matholi’ul Huda Bugel Jepara tahun pelajaran 2012/2013 (Skripsi). Diakses di http://eprints.walisongo. ac.id/1648/1/063511009_Coverdll.pdf
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Tisngati, U & Meifiani, N.I. (2014). Pengaruh kepercayaan diri dan pola asuh orang tua pada mata kuliah teori bilangan terhadap prestasi belajar. Jurnal Derivat, 1 (2), 8-18. Diakses di http://upy.ac.id/ojs/index.php/mtk/article/view/77
Wulandari, R. (2012). Korelasi persepsi mata pelajaran matematika siswa kelas VI SD negeri se-Kecamatan Gamping tahun ajaran 2010/ 2011 (Skripsi). Yogyakarta. Diakses di http://eprints.uny.ac.id/8060/1/cover%20-%2008108247074.pdf