Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
Published: 2017-02-11

Analisis kesulitan belajar mahasiswa dalam memahami konsep bilangan real

IAIN Mataram
IAIN Mataram
Analisis Kesulitan Konsep Bilangan Real

Galleys

Abstract

[Bahasa]: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan dan faktor-faktor penyebab kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa dalam mengerjakan soal bilangan real. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, tes dan wawancara. Hasil tes dikelompokkan berdasarkan tujuh kategori kesalahan Watson kemudian dilakukan wawancara untuk mengklarifikasi kesalahan tersebut.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dominan terjadi pada jawaban mahasiswa berupa jenis kesalahan data tidak tepat, prosedur yang tidak tepat, konflik level respon, dan masalah hirarkhi keterampilan. Kesalahan mahasiswa dalam mengerjakan soal memberikan gambaran kesulitan yang dialami dalam memahami konsep bilangan real. Faktor yang mempengaruhi kesulitan mahasiswa yaitu: materi yang sulit dipahami dan diaplikasikan dalam pemecahan masalah; dan faktor pribadi yang mencakup pola belajar yang tidak baik, sarana pendukung, dan faktor dosen.

[English]: This research aims to identify undergraduate students’ difficulties and the factors which caused them in solving real analysis problems. This qualitative research applies descriptive analysis. Data is collected through observation, test, and interview. Students’ answers on test are categorized into Watson’s seven categories of errors then the students are interviewed to clarify the errors. This research reveals that dominant errors encounterd by the students are inappropriate data, inappropriate procedure, response level conclict, and skill hierarchy problem. The errors portrait the difficulties the students encountered. The factors which cause the difficulties are the material is hard to understand and apply to problem solving; and personal factor such as bad learning habits, supporting tools, and the lecturers.   

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Bartle, R.G. & Sherbert, D.R. (2006). Introduction to real analysis. New York: Wiley.
Darmadi, Lukito, A. & Budayasa, K. (2013). Analisis kesulitan berpikir visual dalam memahami definisi formal pada barisan bilangan real. Yogyakarta. Disampikan di Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Fraenkel, J. & Wallen, N. (2003). How to design and evaluate research in education. New York: McGraw Hill Companies.
Knuth, E.J. (2002). Secondary School Mathematics Teachers’ Conceptions of Proof. Journal for Research in Mathematics Education, 33 (5), 379-405.
Miles, M.B. & Huberman, M.A. (1992). Analisis data kualitatif. Diterjemahkan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.
Margono. (2010). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Moleong, L. (2006). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2006). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sunardi. (1995). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal geometri analitika ruang berdasarkan taksonomi SOLO. Surabaya: Tesis Pasca Sarjana IKIP Surabaya (Tidak Diterbitkan).

How to Cite

Sucipto, L., & Mauliddin, M. (2017). Analisis kesulitan belajar mahasiswa dalam memahami konsep bilangan real. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 197–211. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.37