Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Parhaini Andriani. (2009). Pengembangan Akhlak Mulia Dalam Pembelajaran
Matematika di SD/MI. Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Muliyardi. (2006). Pengembangan Model Pembelajaran Matematika
Menggunakan Komik di Kelas I Sekolah Dasar. Disertasi, UNESA,
Surabaya.
Ali Murtadlo. (2008). Perancangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan
Software Delphi dan Power Point Pada Pokok Bahasan Lingkaran.
Skripsi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
- Abstract viewed - 1062 times
- PDF (Bahasa Indonesia) downloaded - 1619 times
Downloads
License
Copyright
© Beta Jurnal Tadris Matematika, 2015
Affiliations
Syaharuddin Syaharuddin
IAIN Mataram
Vera Mandailina
Universitas Muhammadiyah Mataram
Yunita Septiana Anwar
IAIN Mataram
How to Cite
Pengembangan Software Matematika SMP/MTs Berbasis Solutif Menggunakan Borland Delphi
Vol 8 No 2 (2015): Beta Nopember
Published: Nov 14, 2015
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan produk berupa software pembelajaran matematika aljabar di tingkat SMP/MTs berbasis solutif menggunakan Borland Delphi. Pengembangan software ini dilakukan melalui 4 tahap yang disebut 4-D yakni: Define, Design, Develop, and Disemination. Hasil akhir produk yang kembangkan berupa software media pembelajaran matematika SMP/MTs di bidang aljabar yang terdiri dari grafik fungsi, persamaan garis lurus, sistem persamaan dan pertidaksamaan linier, dan persamaan dan fungsi kuadrat. Pada tahap validasi diperoleh tingkat kevalidan rata-rata sebesar 3,75 yang berarti “cukup valid”. Kemudian pada uji coba terbatas respon guru/mahasiswa terhadap software rata-rata sebesar 58,22% yang berarti “cukup solutif”. Sedangkan pada uji coba lapangan, rata-rata siswa memberikan respon 56,94% yang berarti “cukup praktis”.