Abstract
[Bahasa]: Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan multimedia berbasis flash pada mata kuliah statistika ditinjau dari motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non-equivalent group design. Penelitian ini dilaksanakan di STKIP PGRI Pacitan pada tahun 2016. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar dan angket motivasi belajar mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji one sample t-test, uji T2 Hotelling’s, dan uji t-Bonferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia berbasis flash pada mata kuliah statistika lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan media powerpoint ditinjau dari motivasi belajar dan prestasi belajar mahasiswa. Prestasi belajar statistika mahasiswa yang menggunakan media flash lebih baik daripada mahasiswa yang menggunakan media powerpoint. Demikian halnya pada aspek motivasi belajar, mahasiswa yang menggunakan flash mengalami peningkatan motivasi yang lebih signifikan daripada mahasiswa yang menggunakan media powerpoint.
Kata kunci: Multimedia Flash; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar; Statistika
[English]: This study aims to test the effectiveness of the use of flash-based multimedia in the course of statistics toward learning motivation and student achievement. This research is a quasi-experimental research with pretest-posttest nonequivalent group design. This research was conducted at STKIP PGRI Pacitan in 2016. The instrument used was the test of student achievement and questionnaire of student's motivation. Data analysis techniques used one sample t-test, T2 Hotelling's test, and t-Bonferroni test. The results showed that the use of flash-based multimedia in the course of statistics is more effective than learning using powerpoint in terms of learning motivation and student achievement. Students’ achievement in statistics using flash media are better than students who use powerpoint. Similarly, in the aspect of motivation to learn, the motivation of students who use flash get increased significantly than students who use powerpoint.
Keywords: Flash Multimedia; Learning Motivation; Achievement; Statistics
Downloads
References
Asiyah, S., Mulyani, S., & Nurhayati, N. D. (2013). Penerapan model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan macromedia flash dilengkapi LKS untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pokok bahasan zat adiktif dan psikotropika kelas VIII SMPN 4 Surakarta Tahun pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2), 56–65.
Bates, J., & Bacon, J. (1995). Supporting interactive presentation for distributed multimedia applications. Multimedia Tools and Applications, 1(1), 47–78.
Bernstein, I. H. (2012). Applied multivariate analysis. New York: Springer-Verlag.
C Orlich, D. (2010). Teaching strategies: A guide to effective instruction. Wadrdwort: Cengange Learning.
Dai, D. Y., & Sternberg, R. J. (2004). Motivation, emotion, and cognition: Integrative perspectives on intellectual functioning and development. Routledge.
Dale, E. (1946). The cone of experience. Audio-Visual Methods in Teaching, 1, 37–51.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Elliott, S., & Littlefield, J. (2000). Educational psychology: Effective teaching, effective learning. Boston: McGraw-Hill.
Irawan, E. (2012). Analisis kesalahan dalam melakukan uji hipotesis rerata mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra indonesia STKIP PGRI Pacitan. Makalah dipresentasikan di SENDIKMAD, Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.
Irawan, E. (2014). Pengantar statistika penelitian pendidikan. Yogyakarta: Aura Pustaka.
Johnson, R. A., & Wichern, D. W. (2007). Applied multivariate statistical analysis. Boston: Prentice Hall.
Mawarni, E., Mulyani, B., & Yamtinah, S. (2014). Penerapan peer tutoring dilengkapi animasi macromedia flash dan handout untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 4 SMAN 6 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 29–37.
Nitko, A. J., & Brookhart, S. M. (2011). Educational assesment of students (6th ed.). Boston: Pearson Education, Inc.
Philips, R. (1997). The developer’s handbook to interactive multimedia. Practical Guide for Educational Aplication, 38.
Ramsey, J. B. (1999). Why do students find statistics so difficult (pp. 10–18). Presented at the 52th Session of the ISI, Helsinki.
Reid, G. (2007). Motivating learners in the classroom: ideas and strategies. London: SAGE.
Rencher, A. C. (1998). Multivariate statistical inference and applications (Vol. 338). New York: John Wiley & Sons.
Retnani, F. Y., Sukardjo, J. S., & Utomo, S. B. (2014). Penerapan metode numbered heads together (nht) disertai macromedia flash untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa materi struktur atom, sistem periodik, dan ikatan kimia kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Boyolali tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 57–65.
Sanders, D. H. (2001). Statistics: A first Course. Boston: McGraw-Hill Ryerson.
Sardiman, A. M. (2012). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sidhu, M. S. (2010). Instructional design for multimedia and theory of learning styles. In Technology-Assisted Problem Solving for Engineering Education: Interactive Multimedia Applications (pp. 12–29). IGI Global.
Slameto. (1995). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sutarti, T., Sugiyono, & Irawan, E. (2015). The development of statistics learning media by using flash micromedia. Makalah dipresentasikan di the International Conference Concervation for Better Life, Semarang: Semarang State University.
Sutarti, T., Sugiyono, Irawan, E., & Prasetyo, E. B. (2015). Jago membuat multimedia interaktif berbasis flash. Yogyakarta: Trussmedia.
Ulpah, M. (2009). Belajar statistika: mengapa dan bagaimana? Insania, 14(3), 325–435.