Abstract
[Bahasa]: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi representasi matematis mahasiswa calon guru dalam menyelesaikan masalah matematika. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dikumpulkan yaitu hasil pekerjaan mahasiswa yang berupa hasil vignette. Snowball sampling sebagai teknik pengambilan subjek. Subjek dalam penelitian ini adalah tiga mahasiswa semester 3 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek S1 dan S2 dengan kemampuan akademik tinggi dan sedang mempunyai kemampuan representasi matematis yang baik karena memenuhi semua indikator representasi matematis. Kemampuan representasi matematis subjek S3 dengan kemampuan akademik rendah masih kurang karena tidak memenuhi semua indikator. Kemampuan representasi matematis tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan akademik, tetapi dipengaruhi juga oleh faktor lain seperti penggunaan media, pengalaman, dan latihan dalam menyelesaikan masalah matematika.
Kata kunci : Representasi Matematis; Calon Guru; Masalah Matematika; Vignette
[English]: This case study aims to determine the description of the mathematical representation of prospective teachers in solving mathematical problems. The data collected is student’s work in the form of vignette results. Snowball sampling is as the technique of taking subjects. Subjects in this study are three students in the third semester mathematics education program of Muhammadiyah University of Purworejo. The technique used to collect data is documentation. The data is analyzed through data reduction, data display, conclusion, and verification. This study finds that the subject S1 and S2 with high and middle academic ability have good mathematical representation ability since they meet all the indicators of mathematical representation. While the mathematical representation of subject S3 with low academic ability is still less because S3 does not meet all of the indicators. The ability of the mathematical representation is not only influenced by academic ability, but also by other factors such as the use of media, experience, and drill in solving mathematics problems.
Keywords: Mathematical Representation; Prospective Teacher; Mathematics Problems; Vignette
Downloads
References
Hafiziani, E. P. (2015). The influence of Concrete Pictorial Abstract (CPA) approach to the mathematical representation ability achievement of the pre-service teachers at elementary school. International Journal of Education and Research, 3 (6), 113-126.
Hiebert, J. & Carpenter P. T. (1992). Learning and teaching with understanding. Dalam D. A. Grouws (Ed.) Handbook of Research on Mathematics Teaching and Learning. (65 –100). New York: Macmillan Publishing Company.
Hwang, W.-Y., Chen, N.-S., Dung, J.-J., & Yang, Y.-L. (2007). Multiple representation skills and creativity effects on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system. Educational Technology & Society, 10 (2), 191-212.
Kartini. (2009). Peranan representasi dalam pembelajaran matematika. Diakses di http://eprints.uny.ac.id/7036/1/P22-Kartini.pdf
McCoy, L.P., Baker, T.H., & Little, L.S. (1996). Using multiple representations to communicate: An algebra chllenge. Dalam P.C. Elliot (Ed). Communication in Mathematics, K-12 and Beyond. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.
Miles, B. M dan M. Huberman. (1992). Analisis data kualitatif buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta: UIP.
Mokhammad, R. Y & Karunia, E. L. (2015). Penelitian pendidikan matematika. PT Revika Aditama: Bandung.
NCTM. (2000). Principles and standars for school mathematics. Reston, VA: NCTM.
Puji, L. (2016). Analisis kemampuan representasi matematis mahasiswa calon guru matematika yang mendapatkan model aktivitas investigasi autentik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2016: MP 449- MP 456.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Wahyu, K., Amin, S.M., & Lukito, A. (2017). Motivation cards to support students’ understanding on fraction divisions. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 99-120. Doi: http://dx.doi.org/10.12928/ijeme.v1i1.5760