Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
Published: 2016-10-29

Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing

Universitas Muhammadiyah Makassar
Efektifitas Pembelajaran Matematika Snowball Throwing Metode Ekspositori

Galleys

Abstract

[Bahasa]: Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa SMP Negeri 13 Makassar yang diajar dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing dan Metode Ekspositori, serta untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing efektif digunakan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Makassar. Luaran yang akan dihasilkan dari penelitian ini adalah penerapan alternatif pembelajaran yang tidak monoton sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan perangkat pembelajaran (silabus dan RPP) yang berorientasi pada pembelajaran koperatif tipe Snowball Throwing. Subjek penelitian dibagi dalam 2 kelompok, yakni kelompok eksperimen yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan kelompok kontrol yang diajar dengan menggunakan metode ekspositori. Setiap kelompok diajar dengan frekuensi pertemuan yang sama dengan materi yang sama. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih efektif jika dibandingkan dengan penerapan metode ekspositori untuk pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel.<%2

Downloads

Download data is not yet available.

References

Berns, R.G. & Erickson, P.M. (2001). Contextual Teaching and Learning: Preparing students for the new economy. Diakses di http://eric.ed.gov/?id=ED452376
Furqan. (2008). Statistik terapan untuk penelitian. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasinya. Bandung, Indonesia: PT Refika Aditama.
Nasution, W. N. (2007). Efektivitas pembelajaran kooperatif dan ekspositori terhadap hasil belajar sains ditinjau dari cara berpikir (Artikel jurnal). Diakses di http://www.litagama.org/jurnal/Edisi5/StrategiPemb.htm.
Risal, N.A. (2009). Efektivitas pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik (Skripsi). FMIPA UNM, Makassar.
Sanimbar. (2011). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay-two stray pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Sajoanging (Skripsi). FKIP UNISMUH, Makassar.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung, Indonesia: Universitas Pendidikan Indonesia.
Suprijono, A. (2011). Cooperative learning teori & aplikasi PAIKEM. Yogyakarta, Indonesia: Pustaka Pelajar.
Surya, M. (2004). Psikologi pembelajaran & pengajaran. Bandung, Indonesia: Pustaka Bani Quraisy.
Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta, Indonesia: Kencana.

How to Cite

Firdaus, A. M. (2016). Efektivitas pembelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 9(1), 61–74. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i1.1