Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
Published: 2017-06-13

Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik

Universitas Syiah Kuala
Universitas Syiah Kuala
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Kemampuan Representasi Pendidikan Matematika Realistik

Galleys

Abstract

[Bahasa]: Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini dilakukan di kelas VII-2 SMP Negeri 6 Banda Aceh yang melibatkan enam siswa.  Kemampuan representasi siswa dianalisis dari hasil tes dan wawancara setelah penerapan PMR melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil tes, subjek penelitian dikategorikan menjadi siswa dengan kemampuan representasi matematika tinggi, sedang dan rendah. Keenam siswa tersebut diwawancara untuk mengonfirmasi hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berkemampuan tinggi dan sedang memenuhi ketiga indikator kemampuan representasi matematis yaitu menyajikan data atau informasi dari suatu masalah ke representasi tabel, menyelesaikan masalah yang melibatkan ekspresi matematis, serta menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata. Siswa berkemampuan rendah memenuhi dua indikator kemampuan representasi matematis yaitu menyelesaikan masalah yang melibatkan ekspresi matematis dan menuliskan langkah-langkah penyelesaian masalah matematika dengan kata-kata.

Kata kunci:   Representasi Matematis; Kemampuan; Pendidikan Matematika Realistik

[English]: This qualitative reseach aims at describing students’ representation ability through realistic mathematics education (RME). It is conducted in grade VII-2 SMP Negeri 6 Banda Aceh focusing on the six students. Students’ representation ability is analyzed from the developed test and interview after applying RME through data reduction, data display and conclusion. Based on the result of the test, the subjects are categorized into students who have high, medium and low ability in mathematical representation. They are then interviewed to confirm the test. The research finds that students in high and medium category fulfill the three indicators of mathematical representation, i.e. displaying data or information of a problem into table, solving problems that involve mathematical expression, and write the steps in solving the problems using words. Meanwhile, students in low category can only fulfill the second and third indicator.

Keywords:   Mathematics Representation; Ability; RME

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, I.W. (2014). Pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis kurikulum 2013 terhadap peningkatan kemampuan representasi matematik siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Bandung, 295-298.
Dahlan, J. A. (2011). Materi pokok analisis kurikulum matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Freudenthal, H. (1991). Revisiting mathematics education. Dordrecht: Kluwer Acaemic Publishers.
Gravemeijer, K.P.E. (1994). Developing realistic mathematics education. Technipress: Culemborg, the Netherlands.
Hadi, S. (2017). Pendidikan matematika realistik: Teori, pengembangan dan implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Kohar, A.W (2012) Desain pembelajaran PMRI 5: “Butuh berapa kotak kue lagi agar kardus itu penuh?” (Deskripsi Pembelajaran Volume Balok dan Kubus di Kelas 5C SD N 1 Palembang) IMPoME 2012, 5th Observation Report of Classroom Observation.
Legi, M. Y. (2008). Kemampuan representasi matematis siswa SD kelas IV melalui pendidikan matematika realistik pada konsep pecahan dan pecahan senilai. Diakses di http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/899
NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. USA: Association Drive, Reston.
Nur, M. (2011). Model pembelajaran berdasarkan masalah. Surabaya: UNESA.
OECD. (2014). PISA 2012 results: What students know and can do. Student performance in mathematics reading and science (Volume I, Revised Edition, February 2014). PISA, OECD Publishing.
Pujiastuti, H. (2008). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan representasi siswa SMP. Tesis SPS UPI Bandung.
Rosengrant, D., Etkina, E., & Van Heuvelen, A. (2005). An overview of recent research on multiple representations. Diakses di http://paer.rutgers.edu/ScientificAbilities/Downloads/Papers/DavidRosperc2006.pdf.
Soedjadi, R. (2007). Inti dasar-dasar pendidikan matematika realistik indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(2), 125-133.
Suryowati, E. (2015). Kesalahan siswa sekolah dasar dalam merepresentasikan pecahan pada garis bilangan. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika, 4 (1), 38-52.
TIMSS. (2011). TIMSS 2011 international result in mathematics. Chestnut Hill: TIMSS dan PIRLS International Study Center.
Wijaya, A (2012). Pendidikan matematika realistik: Suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

How to Cite

Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51–69. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101