Author Guidelines

 
General guideline for authors
 
  • > The article must be typed in 1.13 spaced, Calibri font with size 11pt except for abstract and on 24 cm x 16 cm paper size (custom size).
  • > The article must be 13-20 pages including bibliography and appendix.
  • > The article must include abstract in Bahasa and English(100-200 words) and be following by the keywords (3-5 words). Abstract and keywords are typed in 0.85 spaced and Calibri 10,5 pt.
  • > Foreign and regional words which are not standardized in KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) should be written italic.
  • > Citation must be in form of in-text and bibliography are based on APA 6th Edition (American Psychological Association)
  • > Bibliography is typed in single spaced and Calibri 10,5 pt. The authors are encouraged to use journals as the main references and avoid using web articles. The bibliography must be the last 5 years publication except for any foundational works e.g. learning theories, framework etc.

Article Format

Petunjuk penulisan artikel beta jurnal tadris matematika ← (Lower case, Calibri, 12pt Bold, Spasi 1)

 Nama[1], Nama[2], Nama[3] ←  (Calibri, 11.5pt Bold)

[1] Institusi, Alamat, Kota, Negara, email@institusi.ac.id (Calibri, 8 pt)

[2] Institusi, Alamat, Kota, Negara

[3] Institusi, Alamat, Kota, Negara

NB: Jika penulis berasal dari institusi yang sama, footnote hanya di nama terakhir dan alamat surel yang dicantumkan hanya penulis utama (Correspondent author)

Abstrak (Calibri, 10.5 pt, spasi 0.85): Abstrak harus memberikan gambaran yang jelas terkait isi tulisan. Isi abstrak harus tujuan penelitian/penulisan, metode yang digunakan, hasil penelitian dan simpulan. Abstrak ditulis dengan huruf tegak (Normal font) sepanjang 100-200 kata. Abstrak tidak boleh lebih dari 200 kata. Jika abstrak lebih dari 200 kata, penyunting akan meminta penulis untuk memperbaikinya. Dalam kondisi lain, penyunting memiliki hak untuk memperbaiki asbtrak sesuai dengan panduan. Jenis huruf yang digunakan dalam abstrak adalah Calibri dengan ukuran 10,5 dan spasi 1. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan Indonesia. Dalam abstrak berbahasa Indonesia, istilah atau kata-kata dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya ditulis dalam cetak miring (italic).

Kata kunci (Calibri, 10.5 pt): Panduan abstrak, Pemahaman konsep, Matematika (Italic, 3-5 kata)


Abstract (Calibri, 10.5 pt, spasi 0.85 ): Abstract should describe clearly regarding the content of the article. It includes background of the problem, the aims of research, methods, findings and conclusion. Abstract is written in normal font for 100-200 words long. It cannot be more than 200 words to meet the criteria of accreditation. If it is more than 200 words, the editor will ask the authors to have revision. On the other case, the editor has right to revise abstract in order to meet the standard. The font used for abstract is Calibri 10,5 pt with 1 spacing. Abstract should be in Bahasa and English. If it is in Bahasa, the terms or words in English or other foreign languages should be italic.

Keywords (Calibri, 10.5 pt): Abstract guideline, Conceptual understanding, Mathematics (Italic, 3-5 words)


 

A. Introduction (Pendahuluan) ← 11.5pt, Calibri bold

(11 pt Calibri; spasi 1.125)

Bετα (http://jurnalbeta.ac.id) adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dalam bidang pendidikan matematika. Panjang artikel yaitu 12-20 halaman termasuk daftar pustaka dan lampiran jika ada. Artikel-artikel yang dipublikasikan di jurnal Bετα meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah (prioritas utama) dan kajian pustaka. Adapun beberapa topik yang menjadi fokus jurnal βετα yaitu pembelajaran matematika yang terintegrasi dengan nilai atau karakter, pengembangan pembelajaran matematika berbasis pendekatan konstruktivis, pengembangan media pembelajaran matematika berbasis teknologi dan penerapannya dalam kelas, dan pengembangan pengetahun konten pedagogik untuk guru dan/atau calon guru.

Pendahuluan harus berisi latar belakang masalah penelitian, kajian literatur terdahulu dan permasalahan penelitian. Latar belakang masalah bisa bersumber dari observasi lapangan atau pra penelitian atau hasil sintesis penelitian sebelumnya. Penelitian yang dilakukan harus mengacu pada penelitian sebelumnya yang relevan. Dalam hal ini, penulis menjelaskan posisi penelitiannya dibandingkan dengan penelitian sebelumnya. Pembahasan yang tidak berkaitan dengan tujuan atau topik penelitian harus dihindari agar pendahuluan lebih efektif. Di dalam format artikel ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) untuk menunjukkan kebaruan ilmiah artikel tersebut.

B. Methods (Metode Penelitian) ← 11.5pt, Calibri bold

(11pt Calibri; spasi 1.125)

Bagian ini berisi penjelasan terkait metode yang digunakan dalam penelitian/penulisan. Penomoran selanjutnya mengikuti format di bawah ini.

1. Penulisan gambar dan grafik

a. Gambar

Penulisan gambar mengikuti format berikut.

Gambar 1. Contoh Gambar atau Ilustrasi (Sumber; kutipan)

b. Grafik

Penulisan grafik mengikuti format di bawah ini

Grafik 1. Data Publikasi Jurnal

c. Penulisan persamaan

Persamaan ditulis menggunakan Equation di MS Word bukan dalam bentuk gambar (image). Persamaan harus diberikan nomor seperti contoh di bawah ini.

(1)

d. Penulisan tabel

Tabel ditulis dengan spasi 1 dan ukuran huruf 10,5. Jenis tabel seperti pada Tabel 1.


C. Findings and Discussion (Temuan dan Pembahasan) ← 11.5pt, Calibri bold

(11pt Calibri; spasi 1.125)

Temuan dan pembahasan berisi hasil temuan penelitian dan pembahasannya secara ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan dan ditunjang oleh data-data yang memadai. Temuan-temuan ilmiah tersebut harus dijelaskan secara saintifik dengan mempertimbangkan pertanyaan seperti; Apakah temuan ilmiah yang diperoleh? Mengapa hal itu bisa terjadi? Semua pertanyaan tersebut harus dijelaskan secara saintifik, tidak hanya deskriptif. Selain itu, harus dijelaskan juga perbandingannya dengan hasil-hasil para peneliti lain yang hampir sama topiknya.

D. Conclusion (Simpulan) ← 11.5pt, Calibri bold

(11pt Calibri; spasi 1.125)

Kesimpulan menjawab hipotesis dan/atau tujuan penelitian/penulisan atau temuan yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan atau hipotesis. Sangat dianjurkan jika di bagian akhir kesimpulan dituliskan hal-hal yang bisa menjadi kajian atau penelitian lebih lanjut dan implikasi hasil penelitian dalam pembelajaran matematika.

Acknowledgment (Ucapan Terima Kasih) ← 11.5pt, Calibri bold

(11pt Calibri; spasi 1.125)

Bagian ini bersifat pilihan. Penulis bisa memberikan ucapan terima kasih kepada pihak terkait yang mendukung secara langsung terlaksananya penelitian atau terwujudnya artikel ini. Misalnya, guru yang diwawancarai untuk memperoleh data atau lembaga yang memberikan dana untuk pelaksanaan penelitian. Bagian acknowledgement tidak sama dengan bagian “persembahan” pada skripsi atau tesis yang berisi ucapan terima kasih kepada keluarga dan pihak lain yang secara tidak langsung terlibat dalam proses penyelesaian penelitian atau tulisan.

Bibliography (Daftar Pustaka) ← 11.5pt, Calibri bold

(10.5 pt, Calibri, spasi 1)

Ketentuan daftar pustaka pada jurnal Beta, yaitu:

  1. Daftar pustaka harus sesuai dengan banyaknya kutipan,
  2. Minimal 10 referensi per artikel, 80% bersumber dari jurnal ilmiah.
  3. Terkini dan terbaru, minimal 5 tahun terakhir.
  4. Penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi manajemen referensi bawaan Microsoft Word atau aplikasi khusus seperti Mendeley, Zotero, EndNote, dan lainnya.
  5. Format penulisan daftar pustaka mengikuti format APA 6th Edition (American Psychological Association). Daftar pustaka ditulis dengan spasi 1. Informasi lebih lanjut terkait APA bisa diakses di link berikut ini:

http://www.misericordia.edu/uploaded/documents/library/Books/APAStyle.pdf?1436800286903

Contoh Kutipan dan Daftar Pustaka

Prosiding Seminar/Konferensi

Kutipan dalam teks --> (Clark, 2011) atau Clark (2011)

Clark, K.M. (2011). Voices from the field: incorporating history of mathematics in teaching. Proceedings of the Seventh Congress of the European Society for Research in Mathematics Education (7th CERME), Rzeszow – Poland, 1640-1649.

Buku Terjemahan

Kutipan pertama ← (Marks, Hiatt, & Neufeld, 1985) atau Marks, Hiatt dan Neufeld (1985)

Kutipan berulang ← (Marks dkk., 1985) atau Marks dkk (1985)

Marks, J.L., Hiatt, A.A. & Neufeld, E.M. (1985). Metode mengajar matematika untuk sekolah dasar (Terjemahan oleh Bambang Sumantri). Jakarta, Indonesia: Penerbit Erlangga.

Buku (Editor)

Fauvel, J., & Maanen, J.v. (Eds.). (2000). History in mathematics education: The ICMI study. Dordrecht, Netherland: Kluwer Academic Publishers.

Buku (3 penulis)

Riedesel, C.A., Schwartz, J.E. & Clements, D.H. (1996). Teaching elementary school mathematics. Boston, USA: Allyn & Bacon.

Artikel dalam Buku (Chapter)

Tzanakis, C., & Arcavi, A. (2000). Integrating history of mathematics in the classroom: An analytic survey. In J. Fauvel, & J. van Maanen (Eds.), History in mathematics education (pp. 201–240). The ICMI Study. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Artikel di Internet

Fauvel, J. (2000). The role of history of mathematics within a university mathematics curriculum for the 21st century (Artikel web). Diakses di http://www.bham.ac.uk/ctimath/talum/newsletter

Hughes, B. (2011, Agustus). Completing the Square- Quadratic using addition (Artikel web). Diakses di http://www.maa.org/press/periodicals/convergence/completing-the-square-quadratics-using-addition

History of Mathematics. (t.t). dalam Wikipedia. Diakses di https://en.wikipedia.org/wiki/History_of_Mathematics

Muhammad ibn Musa al-Khwarizmi. (t.t). dalam Wikipedia. Diakses di https://en.wikipedia.org/wiki/Muhammad_ibn_Musa_al-Khwarizmi

O'Connor, J.J. & Robertson, E.F. (1999, Juli). Abu Ja'far Muhammad ibn Musa Al-Khwarizmi (Artikel web). Diaskes di http://www-history.mcs.st-and.ac.uk/history/Biographies/Al-Khwarizmi.html

Jurnal (Diakses Online)

Goodwin, D.M. (2010). The importance of mathematics teachers knowing their mathematics history. The Journal for Liberal Art and Science, 14/2, 86-90. Diakses di http://www.oak.edu/academics/school-arts-sciences-jlas-archive.php#Fa2010

Panasuk, R.M & Horton, L.B. (2012). Integrating history of mathematics into curriculum: what are the chances and constraints? IEJME, 7/1, 3-20. Diakses di http://www.iejme.com/makale/284

Jurnal (DOI)

Jankvist, U.Th. (2009b). A categorization of the ‘whys‘ and ‘hows‘ of using history in mathematics education. Educational Studies in Mathematics, 71(3), 235-261. DOI:10.1007/s10649-008-9174-9

Sembiring, R.K., Hadi, S., & Dolk, M. (2008). Reforming mathematics learning in Indonesian classroom through RME. ZDM: The international journal on mathematics education, 40(6), 927-939. DOI: 10.1007/s11858-008-0125-9

Skripsi/Tesis/Disertasi

Jankvist, U.Th. (2009a). Using history as a goal in mathematics education (Master thesis). Diakses di http://milne.ruc.dk/imfufatekster/pdf/464.pdf

Makalah Seminar/Konferensi

Lawrence, S. (2008). History of mathematics making its way through the teacher networks: professional learning environment and the history of mathematics in mathematics curriculum. Paper presented at 10th ICME, Mexico.

Wahyu, K. (2015, November). Changing mathematics classroom setting: looking into students’ response and performance in learning. Paper presented at International Conference on Mathematics, Science and Education Mataram University, Mataram - Indonesia.

 
Article Template
To help authors in fulfilling the requirement of article organization in βeta, Author Template is available. It can be used directly to write articles. Download template here!